PIPA-HDPE.ID
Ilustrasi-Gambar-Depan-Gallery-Aksesoris-Mechanical-Joint-HDPE
Ilustrasi-Fitting-Mechanical-joint-HDPE

Fitting Mechanical Joint HDPE adalah salah satu dari beberapa jenis aksesoris pipa dari material High Density Polyethylene (HDPE / PE-100). Produk yang memungkinkan metode penyambungan bisa dilakukan tanpa proses welded dengan alat khusus.

Dalam mewujudkan jalur saluran air bertekanan, Pipa HDPE biasa disambung dengan aksesoris untuk beberapa kebutuhan. Diantaranya percabangan,  belokan, sambungan dengan pipa atau aksesoris jenis lain, dan sebagainya.

Untuk mewujudkannya, selain metode penyambungan, proses juga kerap dilakukan dengan menggunakan aksesoris khsusu sesuai kebutuhan. Dalam hal ini biasa dikenal beberapa jenis aksesoris yang biasa dipilih sesuai dengan metode penyambungan.

Misalnya aksesoris Segmented atau Injection Moulding, aksesoris jenis ini terbuat dari material PE-100 atau HDPE. Dalam aplikasinya, jenis aksesoris ini mendukung sistem penyambungan “Persenyawaan sempurna” dengan mesin khsus welding machine.

Selain secara welded, proses penyambungan pipa HDPE juga bisa dilakukan secara electro fusion. Mekanisme ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat dan fitting khusus, dan dilakukan dengan media perubahan energi listrik menjadi panas (secara welded).

Diantara dua metode penyambungan di atas, proses penyambungan pipa HDPE juga bisa dilakukan tanpa menggunakan alat khusus, dan secara welded. Proses tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan Fitting Mechanical Joint HDPE.

Bagian Fitting Mechanical Joint HDPE

Seperti namanya, proses penyambungan dengan Fitting Mechanical Joint HDPE dilakukan secara kuncian manual. Dalam hal ini beberapa bagian berfungsi mempertahankan ujung pipa yang disambung tetap pada tempatnya dalam waktu lama.

Compression Collar : Merupakan bagian yang terdiri dari beberapa bagian, diantaranya union socket dan ring penjepit. Bagian ini berfungsi mengikat bagian ujung pipa tetap pada tempatnya dalam waktu yang lama, dengan sistem kuncian, drat.

Untuk dapat bekerja dengan sempurna, bagian ini dilengkapi dengan Collar yang biasanya berwarna putih. Fungsinya untuk mengikat dan memastikan posisi tiap bagian tetap pada tempatnya dalam waktu lama.

Rubber Ring : Untuk memastikan bagian ini tidak memiliki celah yang dapat menimbulkan kebocoran, dibutuhkan media untuk menutupnya. Dalam hal ini Rubber Ring khusus sering ada pada setiap Fitting Mechanical Joint HDPE.

Aksesoris ini menutup setiap celah, sehingga aliran air tidak keluar karena celah antas sambungan dengan aksesoris yang satu ini. Pemasangan yang tepat akan membuat mekanisme sambungan dapat terpasang dengan baik dan sempurna.

Setiap bagian pada dasarnya akan mengikat satu ujung pipa yang akan disambung. Dan proses ini minimal dilakukan dua kali dalam metode penyambungan. Kecuali untuk beberapa jenis sambungan seperti aksesoris Drat dan Flange Joint yang disambung secara metode masing-masing.

Mekanisme Penyambungan Mechanical joint

Ilustrasi Cara Penyambungan Fitting Mechanical Joint HDPE

Tak sulit dalam mencari tutorial cara penyambungan Fitting Mechanical Joint HDPE di internet. Terlebih melalui youtube, Anda bisa mempelajarinya secara singkat. Hanya saja dibutuhkan cara sesuai dengan urutan agar mekanisme berjalan sesuai harapan.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam melakukan metode penyambungan secara Mechanical joint dengan aksesoris yang terbuat dari bahan PP (Polypropylene) ini :

  1. Langkah pertama adalah melepas dan mengenali setiap bagian dalam aksesoris. Tak hanya lepas, harap di ingat setiap urutan untuk mempermudah proses penyambungan.
  2. Setelah semua aksesoris terlepas, langkah selanjutnya adalah dengan memasang union (warna putih) dan ring ke ujung pipa yang hendak di sambung.
  3. Setelah terpasang dengan pas, dengan jarak ideal, Anda bisa memasang kembali Compression Collar aksesoris, dan eratkan sampai bagian ujung pipa tidak mudah bergeser.
  4. Lakukan hal yang sama untuk sambungan lain, biasanya untuk sambungan lurus, belok, atau percabangan Tee. Dan pipa tersambung dengan sempurna.

Setiap bagian pada proses di atas dapat dilakukan dengan waktu singkat. Bahkan karena pengalaman, setiap langkah awal hingga akhir bisa dilakukan dengan sempurna dalam waktu hanya kurang dari 10 menit.

Hal ini yang membuat proses penyambungan menggunakan mekanisme Mechanical Joint dan Pipa Roll dapat mempersingkat proses pembangunan jalur air bersih bertekanan. Sangat ideal untuk daerah sulit, seperti pegunungan dan rawa-rawa, karena proses dilakukan tanpa alat khusus.

Jenis-jenis Fitting Mechanical Joint HDPE

Ilustrasi-Gambar-Depan-Gallery-Aksesoris-Mechanical-Joint-HDPE

Fitting Mechanical Joint HDPE pada dasarnya ideal untuk produk pipa jenis roll. Dalam hal ini, untuk diameter pipa ½ inch hingga 4 inch. Karena dalam hal efisiensi, hanya beberapa diameter tersebut yang bisa dikemas dalam ukuran Roll dengan panjang 50 meter atau lebih.

Aksesoris Mechanical Joint juga biasa dikenal dengan istilah fitting Compression Pipa HDPE. Produk ini dikenal memiliki spesifikasi tangguh, dengan struktur keras. Terbuat dari bahan PP, membuat produk tak mudah rusak dan tahan terhadap sinar UV.

Dalam aplikasinya, produk ini dibentuk sesuai dengan kebutuhan percabangan atau metode penyambungan. Seperti sambungan lurus, sambungan belok, sambungan antar pipa beda diameter dan percabangan.

Berikut beberapa jenis Fitting Mechanical Joint HDPE yang bisa Anda gunakan untuk membangun saluran air bersih bertekanan :

Reducer : Merupakan mekanisme penyambungan lurus yang dapat dilakukan antar pipa dengan diameter berbeda. Cara ini memungkinkan dua pipa dengan diameter berbeda disatukan dengan cara sambungan lurus.

Coupler : merupakan Fitting Mechanical Joint HDPE yang bisa digunakan untuk menyambung antar pipa dengan diameter yang sama. Atau biasa digunakan untuk sambungan lurus dua jalur pipa sehingga mendapat ukuran panjang yang sesuai dengan harapan.

Tee : Seperti namanya “T” merupakan aksesoris percabangan yang bisa digunakan untuk membagi satu jalur menjadi dua. Mekanisme penyambungan menggunakan aksesoris ini dilakukan dengan 3 kali proses penyambungan (pada ujung pipa).

Elbow : Adalah produk aksesoris HDPE yang biasa digunakan untuk jalur belokan 90 derajat. Mekanisme ini memungkinkan saluran air berbelok secara drastis, sesuai kebutuhan saluran air yang dibutuhkan.

Flange Joint : Merupakan aksesoris pipa HDPE yang dapat digunakan untuk metode penyambungan Flange to Flange. Produk ini memungkinkan proses dapat dilakukan tanpa metode welded, dengan proses pemasangan Compression Joint.

End Cap : Merupakan Fitting Mechanical Joint HDPE yang berfungsi untuk menutup saluran. Aksesoris ini biasa digunakan dengan satu sisi terpasang pada pipa, dan bagian lain yang berfungsi menutup saluran, dan dapat digunakan untuk kebutuhan permanen dan semi permanen.

Ilustrasi-Depan-Logo-LANGGENG
Ilustrasi-Depan-Logo-Rucika