PIPA-HDPE.ID
October 21, 2021
Ilustrasi-Gambar-Depan-Utama---Pipa-HDPE

Pipa HDPE memiliki spesifikasi yang baik, dengan tingkat kerusakan rendah untuk saluran air bersih bertekanan. Produk ini sejak lebih dari 2 dekade yang lalu, sering menjadi pilihan utama, diantara produk lain dengan kebutuhan yang sama.

Sebelum banyak digunakan, produk pipa thermoplsatik sudah digadang-gadang mampu menggantikan masalah pipa besi yang sering berkarat untuk saluran air bersih. Bahan thermoplastik memiliki sifat khas, yakni lumer saat dipanaskan dan padat saat suhu normal atau dingin.

Ilustrasi-Gambar-Depan-Utama---Pipa-HDPE

Material thermoplastik pertama yang digunakan untuk produk pipa adalah jenis PVC atau Polyvinyl Chloride. Meski berbeda dengan produk sejenis yang kita kenal sekarang (dari bahan uPVC yang jauh lebih baik), namun karakter untuk saluran air bersih dianggap kurang ideal.

Salah satunya adalah optimalisasi proses pemasangan, metode penyambungan (Menggunakan lem / Solvent Cement) dan karakter produk yang masih dianggap memiliki banyak kelemahan. Hingga pada akhirnya bahan HDPE dipilih karena karakternya yang spesial.

Dalam berbagai macam uji ketahanan, material HDPE atau High density polyethylene, memiliki nilai yang baik dalam hal kekuatan dan kelenturan. Sehingga secara penggunaan produk dengan bahan ini tidak mudah rusak, dan awet digunakan dalam jangka waktu lama.

Dalam kebutuhan material bahan baku produk pipa, HDPE memiliki spesifikasi yang sangat dibutuhkan untuk saluran air bersih. Yakni mampu bekerja terhadap tekanan dan tidak menimbulkan pencemaran karena material yang pecah dan mencemari aliran.

Selain dapat digunakan dalam jangka waktu lama, karakter ini membuat kemasan produk menjadi lebih fleksibel. Karena selain dalam bentuk batang, pipa HDPE juga tersedia dalam bentuk roll, dengan panjang lebih dari 100 meter.

Kelebihan ini membuat proses instalasi, terutama di kawasan sulit dengan kontur tidak rata akan mudah dilakukan. Selain efektif dan membuat usia pakai saluran lebih lama, waktu pengerjaan pun bisa dipersingkat, dibanding dengan instalsi dengan produk pipa jenis lain.

SPESIFIKASI PRODUK

Secara umum, produk pipa HDPE yang ditawarkan oleh beberapa brand di Indonesia dibuat berdasarkan standard Nasional Indonesia. Sehingga produk ini paling sering digunakan baik untuk pekerjaan instalasi saluran air bersih swasta, hingga pemerintah.

Material HDPE merupakan jenis bahan thermoplastik yang juga dikenal dengan PE-100. Tak hanya material jenis ini, untuk produk pipa juga digunakan MDPE atau tipe PE-80 untuk kebutuhan saluran khusus, seperti gas bertekanan dan sejenisnya.

Hanya saja untuk saluran air bersih, hanya material HDPE, sehingga juga dikenal dengan sebutan pipa PE-100. Secara fisik, produk pipa jenis ini memiliki warna dominan hitam. Beberapa brand diantaranya menambahkan garis biru sebagai indikasi saluran pipa untuk air bersih.

Di desain untuk kebutuhan saluran air bersih, sesuai dengan standard SNI, hampir semua produk pipa HDPE yang ditawarkan memiliki spesifikasi produk sama, satu dengan yang lain. Hal tersebut mencakup berat satuan (per meter) dan tebal yang disesuaikan dengan PN atau Pressure Nominal.

PN pada pipa HDPE merupakan indikasi kemampuan produk pipa terhadap tekanan. Tekanan pada dasarnya dibutuhkan untuk mengalirkan air dari sumber yang umumnya berada di dalam tanah, menuju bagian atas, sebelum pada akhirnya dimanfaatkan.

Berat Pipa HDPE

Ilustrasi Berat Pipa PE-100 - 1

Tebal Produk

Ilustrasi Tebal Pipa HDPE - 1

Selain memiliki perbedaan dalam hal kemampuan terhadap tekanan, produk pipa HDPE juga dibedakan dalam dua vaian kemasan. Yaitu pipa dalam bentuk batang dengan panjang efektif 6 meter dan pipa dalam bentuk roll dengan panjang 100 meter/ roll.

Ilustrasi-Pipa-Roll

Pipa HDPE Roll. Kemasan ini diwujudkan berkat kelebihan produk yang memiliki tingkat kelenturan yang sangat baik. Sehingga dapat diproduksi dengan kemasan gulungan atau roll dengan panjang 50, 100, 200 atau lebih.

Dalam kemasan ini, proses penyambungan dapat dipersingkat, terutama untuk jalur lurus. Karena titik penyambungan bisa dilakukan setiap 50, 100 atau kebutuhan jarak yang diperlukan. Disamping itu, ketersediaan aksesoris mechanical joint, membuat proses dapat dilakukan tanpa alat khsusu.

Hanya saja karena keterbatasan dimensi produk, tak semua diameter pipa dapat dikemas dalam bentuk roll. Hanya ukuran pipa ½ inch hingga 4 inch yang bisa dikemas dalam bentuk gulungan, selebihnya dalam bentuk batang.

Ilustrasi Halaman Depan Pipa PE-100

Pipa HDPE Batang. Produk ini seperti halnya pipa jenis lain, dengan panjang efektif 6 meter, sesuai ketentuan standard SNI. Meski demikian, dalam kasus khusus, produk pipa dapat diproduksi dengan panjang lebih, hingga mencapai 12 meter.

Produksi pipa HDPE dalam bentuk batang bisa dimaksimalkan hampir semua diameter. Bahkan pipa dengan diameter besar, lebih dari 24 inch yang biasa digunakan sebagai main line, atau jalur utama saluran air bersih.

Dalam kemasan batang, produk disambung dengan mekanisme Welded, atau pemanasan dengan alat khusus, atau biasa dikenal dengan nama Welding Machine. Alat ini memanfaatkan karakter thermoplastik, dengan prosedur sambungan tanpa sekat, dan sempurna.

HARGA PIPA HDPE

Harga pipa HDPE ditawarkan bervariatif, tergantung brand apa yang Anda gunakan. Selain spesifikasi, kelebihan dan kebutuhan khusus membuat merk pipa jenis ini sangat populer digunakan untuk instalasi saluran air bersih di Indonesia.

Untuk lebih jelasnya, berikut perbandingan harga antar brand Pipa PE-100 atau HDPE yang ditawarkan di Indonesia. Meliputi produk TrilliunPrime, Vinilon, Rucika Black, Langgeng, dan Supralon dengan ketentuan PN-10 :

Keterangan Harga :

  • Pipa Sudah termasuk PPN
  • Harga dalam meter
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu
  • Info harga terbaik hubungi kami 08113167772

PENYAMBUNGAN PIPA HDPE

Pipa HDPE dapat disambung dengan beberapa metode. Diantaranya : Mekanisme Mechanical Joint, Welded (Dengan Welding Machine) dan Electro Fusion. Setiap metode memiliki cara masing-masing dan untuk jenis pipa tertentu.

Ilustrasi-Gambar-Depan-Gallery-Aksesoris-Mechanical-Joint-HDPE
Mechanical Joint HDPE

MECHANICAL JOINT : Merupakan metode penyambungan pipa HDPE tanpa menggunakan alat khusus dan bahan perekat seperti halnya pipa PVC. Mekanisme penyambungan ini dilakukan secara manual dengan bantuan aksesoris khusus atau biasa dikenal dengan sebutah Mechanical Joint.

Aksesoris ini memiliki bagian khusus yang bertugas mengikat ujung pipa yang di sambung tetap pada tempatnya dalam waktu lama. Fungsi ini memastikan saluran bekerja sebagai mana mestinya dalam waktu lama.

Untuk mencegah kebocoran, juga terdapat karet yang berfungsi mencegah kejadian air bocor di celah sambungan. Proses penyambungan yang benar akan menbuat metode penyambungan untuk jenis pipa roll ini awet, bahkan lebih dari 10 tahun.

Ilustrasi Gambar Depan - Welding Machine Pipa HDPE

WELDED : Merupakan metode penyambungan “Pengelasan” dengan alat khusus, atau biasa dikenal dengan istilah HDPE Welding Machine. Mekanisme ini memanfaatkan karakter thermoplastic yang meleleh di suhu tinggi, dan memiliki karakter kuat dan lentur pada saat suhu normal.

Mekanisme ini pada dasarnya dapat dilakukan untuk semua diameter pipa, hanya saja, keterbatasan alat, membuat alat ini direkomendasikan untuk pipa diameter 1-1/2 inch ke atas. Selain menyambung pipa dengan pipa, metode ini juga dapat disambung dengan aksesoris khusus.

Untuk menyambung mekanisme penyambungan ini, dibutuhkan aksesoris dengan bahan baku sama dengan pipa. Sehingga saat melakukan proses penyambungan, ternjadi mekanisme “Persenyawaan sempurna” yang membuat sambungan kokoh layaknya bagian utama pipa.

Ilustrasi-Gambar-Depan-Fitting-Electro-Fusion
Electro Fusion HDPE

ELECTRO FUSION : Metode penyambungan ini biasanya direkomendasikan untuk saluran khusus dengan tingkat kebocoran diharapkan sekecil mungkin. Selain saluran pipa air, mekanisme ini juga kerap direkomendasikan untuk saluran gas bertekanan.

Mekanisme penyambungan ini memerlukan alat dan aksesoris khusus yang bekerja secara berkesinambungan. Secara garis besar, metode ini dilakukan dengan mengubah energi listrik menjadi panas.

Energi panas yang dihasilkan akan membuat bagian dalam aksesoris yang terbuat dari bahan PE-100 meleleh dan menyatu dengan sempurna dengan pipa. Untuk memperlancar proses ini, bagian aksesoris dilengkapi kumparan tembaga yang dipasang khusus.

Ilustrasi-Depan-Logo-LANGGENG
Ilustrasi-Depan-Logo-Rucika