PIPA-HDPE.ID
Ilustrasi Fitting Injection Molding HDPE

Fitting Injection Molding HDPE juga biasa dikenal dengan istilah aksesoris IM pipa HDPE. Merupakan media jointing yang digunkan dengan cara welded, atau pemanasan dengan mesin welding HDPE. Tersedia dalam beragam bentuk dan ukuran diameter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Proses penyambungan pipa HDPE dapat dilakukan dalam beberapa cara, salah satunya dengan welded, atau pemanasan dengan suhu tinggi. Mekanisme ini dapat dilakukan antara ujung pipa dengan pipa atau dengan aksesoris yang dapat digunakan untuk mendukung jalur perpipaan tertentu.

Ada dua tipe aksesoris yang bisa digunakan untuk metode penyambungan ini, diantaranya dengan menggunakan aksesoris Segmented pipa HDPE. Meski demikian, cara lain yang bisa digunakan adalah menggunakan aksesoris jenis injection molding.

Seperti namanya, jenis aksesoris ini diproduksi dengan mekanisme percetakan bahan thermoplastic, sehingga di dapat fitting dengan bentuk dan diameter tertentu.

Mekanisme Penyambungan Fitting Injection Molding HDPE

Pada dasarnya, mekanisme penyambungan Aksesoris IM Pipa HDPE tak ubahnya menyambung pipa dengan pipa. Menggunakan alat khusus atau biasa dikenal dengan istilah welding machine untuk pipa HDPE.

Untuk melakukannya, berikut beberapa Langkah yang bisa Anda lakukan :

  1. Siapkan aksesoris yang akan digunakan untuk mewujudkan jalur perpipaan saluran air bersih yang dibutuhkan.
  2. Untuk memastikan mekanisme penyambungan berjalan lancar, bersihkan ujung aksesoris yang hendak disambung, terutama dari pasir dan debu yang menempel.
  3. Proses penyambungan welded, dengan welding machine dapat dilakukan dengan konsep dua ujung (pipa dengan aksesoris) yang di panaskan dan disatukan satu dengan yang lain.
  4. Setelah dirasa cukup, proses penyambungan perlu waktu beberapa menit untuk pendinginan. Proses penyambungan dengan persenyawaan sempurna pada akhirnya terjadi.

Kelebihan Fitting IM HDPE

Fitting Injection Molding HDPE merupakan satu dari beberapa variak aksesoris yang dapat digunakan untuk metode penyambungan pipa HDPE. Seperti pada pipa, proses penyambungan jenis aksesoris ini dilakukan secara welded, atau pemanasan menggunakan suhu tinggi.

Cara ini juga dijumpai pada jenis aksesoris segmented pipa HDPE. Meski demikian, proses pembuatan dengan percetakan di pabrik, membuat penampilan aksesoris yang satu ini lebih baik (Dibanding jenis aksesoris segmented). Berikut kelebihan Aksesoris Injection Molding HDPE :

Memiliki Bentuk Lebih Rapi

Fitting Injection molding HDPE memiliki bentuk rapi, terutama jika dibandingkan jenis segmented. Ini dikarenakan proses percetakan yang dilakukan secara fabrikasi membuat setiap sudut sangat ideal dan sesuai bentuk yang diinginkan.

Secara umum, jenis aksesoris ini memiliki warna dominan hitam, untuk semua jenis aksesoris. Karena keterbatasan proses penyambungan secara welding, aksesoris ini terbatas untuk ukuran paling kecil 2 inch atau 63mm.

Secara keseluruhan aksesoris sangat ideal dipasang dengan pipa dalam instalasi saluran air bersih. Sehingga secara umum, selain tidak mudah rusak, jenis aksesoris ini memiliki penampilan sangat baik untuk saluran air berusia pakai lebih dari 50 tahun.

Mendukung Sistem Persenyawaan Sempurna

Salah satu kelebihan sistem penyambungan welding pipa HDPE adalah mekanisme persenyawaan sempurna. Mekanisme ini memungkinkan dua sambungan menyatu dengan baik dengan proses pemanasan menggunakan suhu tinggi.

Material bahan baku HDPE yang digunakan pada aksesoris dan pipa membuat jenis aksesoris ini sangat ideal untuk mekanisme penyambungan ini. Sehingga saat terpasang, struktur sambungan akan memiliki karakter sangat kuat, seperti bagian utama pipa.

Sehingga secara umum, baik dari bagian sambungan maupun utama pipa memiliki kekuatan yang merata satu dengan yang lain. Dalam penggunaannya, mekanisme ini memungkinkan saluran digunakan hingga lebih dari 50 tahun.

Awet Digunakan, Hingga lebih dari 50 Tahun

Seperti material HDPE pada produk pipa, Aksesoris HDPE memiliki struktur lentur dan kuat, dengan tingkat keretakan rendah. Sehingga dalam penggunaannya, densitas material bahan baku tak mudah terurai hingga pada akhirnya rusak.

Dalam penggunaannya, seperti produk pipa HDPE, aksesoris atau fitting HDPE memiliki usia pakai maksimal. Bahkan hingga lebih dari 50 tahun lamanya dalam penggunaan instalasi saluran air bersih bertekanan.

Dalam kurun waktu tersebut, material aksesoris tidak mudah rusak, dan menjadi bahan pencemaran aliran air bersih yang di hantarkan. Sehingga saluran benar-benar ideal atau sesuai dengan standard Food Grade.

Tipe Fitting Injection Molding HDPE

Seperti jenis aksesoris yang lain, Fitting Injection Molding Pipa HDPE di tawarkan dalam beragam bentuk dan ukuran. Varian ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan instalasi saluran air bersih yang akan diwujudkan.

Tee : Merupakan aksesoris percabangan yang dapat diwujudkan dengan aksesoris injection molding HDPE. Jenis aksesoris ini memiliki tiga pecabangan yang masing-masing dapat dikoneksikan dengan  ujung pipa atau aksesoris pendukung yang lain.

Selain tersedia dalam satu ukuran, Tee Injection Molding HDPE juga teredia untuk ukuran pipa berbeda. Umumnya satu sisi, di bagian tengah memiliki ukuran lebih kecil, aksesoris jenis ini biasa dikenal dengan istilah Reducer Tee.

Tee Injection Molding memiliki warna gelap, dengan bentuk layaknya produk cetakan pabrik. Meski demikian, material bahan baku memiliki titik leleh sama dengan bahan dasar pipa (HDPE) sehingga dapat bersenyawa dengen sempurna pada saat di sambung.

Stub End : Merupakan aksesoris injection molding HDPE yang memungkinkan jalur air bersih semi permanen. Sehingga setelah digunakan saluran air dapat dibongkar dan mudah dipasang pada saat akan digunakan kembali.

Mekanisme penggunaan Stub End, biasanya dikombinasi dengan Flange atau backing ring. Metode ini biasa dikenal dengan istilah flange to flange joint. Dengan media ini proses jointing dilakukan dengan baut dan mur.

Stub end biasanya disambung di bagian ujung pipa yang hendak disambung satu dengan yang lain. Aksesoris ini biasanya digunakan untuk kebutuhan saluran air di pertambangan, persawahan dan lain sebagainya.

Elbow : Merupakan aksesoris injection molding HDPE yang memungkinkan jalur belokan. Aksesoris jenis ini umumnya memiliki sudut kemiringan 90 derajat. Sementara untuk belokan sederhana, elbow yang digunakan hanya 45 derajat.

Seperti jenis aksesoris yang lain, fitting ini memiliki ukuran diameter 2 inch atau lebih. Dan disambung dengan mekanisme welded atau pemanasan dengan suhu tinggi. Cara ini membuat bagian sambungan memiliki tingkat kekuatan tan ubahnya bagian utama pipa.

Di Indonesia atau importir aksesoris pipa HDPE memiliki cetakan dalam jumlah terbatas. Sehingga secara produk, jenis Elbow Pipa HDPE umumnya hanya tersedia hingga ukuran 12 inch. Sementara untuk diameter lebih besar bisa menggunakan jenis aksesoris segmented.

Ilustrasi-Depan-Logo-LANGGENG
Ilustrasi-Depan-Logo-Rucika