PIPA-HDPE.ID
POST

PN Pada Pipa HDPE, Ini Artinya

Ilustrasi Istilah PN Pada Pipa HDPE

Istilah PN Pipa Pada HDPE adalah singkatan dari Pressure Nominal, atau secara sederhana berarti tingkat ketahanan produk perpipaan (Pipa & Fitting) terhadap tekanan. Faktor pendorong atau tekanan sering dibutuhkan dalam instalasi saluran air bersih.

Tekanan saluran air merupakan faktor penting dalam instalasi saluran air bersih. Berkat tekanan, fluida (air bersih) akan dialirkan dari sumber menuju titik keran yang biasanya memiliki titik lebih tinggi.

Kebutuhan ini biasa dipenuhi dengan penggunaan pompa air, dan biasanya memiliki satuan bar atau kg/cm2 per satu meter. Selain pompa air, faktor tekanan juga sering memanfaatkan gaya gravitasi sebagai gaya dorong, cara ini biasa dilakukan pada instalasi saluran air pegunungan dan tangka air.

Tinggi rendahnya instalasi saluran air dari sumber menuju titik keran, volume fluida yang dialirkan dan Panjang saluran pada dasarnya menentukan besar nominal tekanan. Hal tersebut yang membedakan kebutuhan nominal tekanan saluran air berbeda satu dengan yang lain.

Secara konvensional, kebutuhan tekanan pada produk pipa PVC sering dibedakan menjadi dua macam. Tipe AW untuk tekanan tinggi, atau tidak lebih dari 10 bar. Sementara tipe D untuk saluran air bertekanan rendah, tidak lebih dari 5 bar.

Sementara secara spesifik, pipa HDPE membagi kebutuhan tekanan menjadi paling tidak 5 varian. Yakni : PN-6.3, PN-8, PN-10, PN-12.5 dan PN-16 yang mengindikasikan produk pipa dapat bekerja sesuai nominal Pressure Nominal.

Baca Juga :

Istilah PN Pada Pipa HDPE secara fisik dibedakan berdasarkan tebal tipisnya dinding pipa. Semakin besar ukuran PN maka semakin tebal dinding pipa, begitu juga sebaliknya, semakit sedikit jumlah PN maka dinding pipa akan semakin tipis.

Untuk lebih detil, silahkan cek tabel ketebalan produk diameter pipa HDPE sebagai berikut :

Ilustrasi Tebal Dinding - Istilah PN Pada Pipa HDPE
Sumber : Tebal Pipa HDPE – PIPA HDPE (pipa-hdpe.id)

Penjelasan dalam Tabel

Produk pipa HDPE didesain berdasarkan kebutuhan tekanan. Dalam hal ini disesuaikan dengan tebal dinding produk, agar dapat bekerja dengan baik sesuai dengan tekanan maksimal, yang bisa dilihat dari angka PN.

Kebutuhan tekanan saluran air bersih umumnya bekerja saca konstan. Namun dalam beberapa kejadian, perubahan tekanan menjadi tinggi kerap terjadi, salah satu penyebabnya seperti “Water Hammer” dan sejenisnya.

Toleransi umum angka PN Pada Pipa HDPE sebesar 1,5 kali jumlah PN. Ini artinya produk pipa dengan PN-10 dapat bekerja dengan tekanan 15 bar, karena tekanan tiba-tiba. Dan hal tersebut juga berlaku untuk diameter dan nominal produk PN yang lain.

Ilustrasi-Depan-Logo-LANGGENG
Ilustrasi-Depan-Logo-Rucika