PIPA-HDPE.ID
POST

Pipa HDPE, Pipa Hitam Untuk Saluran Air Bersih Bertekanan

Ilustrasi-Pipa-HDPE,-Pipa-Hitam-Untuk-Saluran-Air-Bersih-Bertekanan

Pipa HDPE adalah produk ideal sesuai dengan standard Food Grade untuk saluran air bersih bertekanan. Ragam ukuran diameter membuat produk dapat digunakan untuk instalasi saluran air kecil, menengah hingga jalur utama atau main line.

Dikutip dari pipaplastik.com  pipa HDPE adalah produk plumbing (Pipa dan aksesoris) dari material thermoplastik, high density polyethylene. Sehingga produk ini dikenal dengan istilah HDPE atau pipa PE-100.

HDPE atau PE-100 merupakan material ideal sebagai bahan baku produk sesuai dengan standard Food Grade. Seperti peralatan makan, mainan anak, hingga perlengkapan lain yang membutuhkan higienitas dalam penggunaannya.

Rahasi kecemerlangan bahan HDPE sebagai bahan baku terletak pada spesifikasi material yang sangat baik. Dalam hal ini memiliki tingkat kelenturan dan kekuatan sangat tinggi, sementara tingkat keretakkan atau kerusakkan sangat rendah.

Kombinasi kelebihan ini membuat material tidak mudah rusak, dan bocor, karena tingkat kepadatan molekul yang sangat rapat. Sementara saat terbentur, dan digunakan dalam jangka waktu lama, durabilitas material juga sangat baik sehingga tidak mudah rusak.

Pada bahan thermoplastic konvensional, kerusakkan atau rapuhnya bahan baku yang digunakan dapat berdampak cukup signifikan. Hal tersebut membuat pipa mudah rusak, bahkan tidak oleh benturan, melainkan paparan sinar matahari dan dimakan usia.

Penyempurnaan bahan HDPE memberi kualitas produk jauh lebih baik. Hal ini juga dirasakan untuk pipa air bersih yang membutuhkan spesifikasi produk sesuai standard Food Grade. Bahan yang cepat rusak akan membuat aliran air mudah terkontaminasi, sehingga air menjadi tidak layak untuk digunakan.

Tak hanya itu, kebutuhan dorongan untuk mengalirkan air dari sumber (tempat yang lebih rendah) menuju titik yang di tentukan, membuat tekanan adalah hal yang dibutuhkan. Dalam hal ini produk pipa HDPE memiliki spesifikasi tekanan sesuai dengan standarisasi saluran pipa air bersih.

Harga Pipa HDPE

Harga Pipa HDPE di tawarkan beragam, berapa diameter yang Anda butuhkan, spesifikasi tekanan (PN : Pressure Nominal), dan tentu saja, brand produk.

Di Indonesia, produk pipa HDPE ditawarkan dengan berbagai brand, Seperti Pipa HDPE TrilliunPrime, Vinilon, Langgeng, Supralon, Unilon dan Rucika Black.

Setiap brand memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga perbedaan fisik antar brand. Dengan dominasi warna hitam, biasanya produk juga dilengkapi dengan garis biru yang menjadi indikasi, produk ideal untuk saluran air bersih.

Sementara tak sedikit produk yang menawarkan produk dengan dominasi warna hitam. Sementara untuk produk yang telah terdaftar, bagian utama pipa biasanya dilengkapi dengan marking berupa merk, dan spesifikasi produk.

Berbeda dengan produk pipa PVC, harga pipa HDPE umumnya ditawarkan per meter oleh beragam brand. Dengan diameter terkecil 20mm atau 1/2 inch. Sementara untuk ukuran diameter terbesar pipa ditawarkan hingga lebih dari 30 inch untuk beberapa brand.

Berikut perbandingan harga pipa HDPE dengan spesifikasi PN-10 atau dengan kebutuhan tekanan 10 bar / 10 kg/cm2. Seperti dikutip dari laman RAGAMPIPA.COM

Ilustrasi-Perbandingan-Harga-PIpa-HDPE

Dalam kemasannya, pipa HDPE ditawarkan dalam dua versi. Per batang dengan panjang optimal 6 meter per batang. Sementara untuk ukuran 4 inch ke bawah selain batang juga ditawarkan per roll, dengan panjang 50 atau 100 meter per roll.

Penyambungan Pipa HDPE

Berdasarkan metode jointing, Penyambungan pipa HDPE dapat dilakukan dengan 3 cara. Secara butt fusion Welded, Electro Fusion dan Mechanical Joint.

Butt Fusion

Atau biasa dikenal dengan istilah penyambungan ujung dengan ujung. Proses ini dapat dilakukan antar pipa atau pipa dengan fitting dengan material bahan baku yang sama.

Untuk melakukan proses ini, biasanya dibutuhkan mesin khusus, biasa dikenal dengan istilah Welding Machine Pipa HDPE. Alat ini memiliki bagian utama, diatarnya ragum untuk mengikat posisi pipa, dan teflon pemanas dua sisi yang dapat bekerja melelehkan dua sisi ujung dalam waktu yang sama.

Ujung pipa dengan pipa atau aksesoris akan dipanaskan dalam suhu 220 celcius, beberapa menit. Setelah dirasa cukup, keduanya dapat disatukan beberapa menit, selama proses pendinginan yang dibutuhkan (Bagian sambungan mengeras).

Electro Fusion

Merupakan metode penyambungan dengan memanfaatkan energi elektrik yang di konversi menjadi panas. Energi ini kemudian dimanfaatkan melalui kumparan tembaga untuk memanaskan bagian dalam fitting dan luar pipa yang akan disambung.

Untuk melakukan metode penyambungan ini dibutuhkan alat dan mesin khusus. Alat pertama digunakan untuk memasukkan energi listrik, dan fitting yang telah memiliki panel listrik akan meneruskan ke bagian kumparan yang ada di dalam fitting.

Proses penyambungan ini biasanya digunakan untuk penyambungan pipa HDPE untuk saluran gas. Kelebihan sistem penyambungan ini adalah risiko kebocoran saluran yang sangat kecil.

Mechanical Joint

Merupakan proses penyambungan paling sederhana yang bisa dilakukan, jika dibandingkan dua proses di atas. Karena cara ini dapat dilakukan tanpa menggunakan mesin penyambung dan sejenisnya.

Untuk proses penyambungan Mechanical Joint Pipa HDPE, dibutuhkan aksesoris khusus, bernama mechanical Joint, atau compression Fitting. Aksesoris jenis ini memiliki collar, yang dapat di-eratkan secara manual atau mechanical.

Proses penguncian secara dratting membuat ujung pipa dengan pipa dapat tersambung dengan baik. Sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Metode penyambungan ini ideal untuk varian produk pipa HDPE Roll.

Ilustrasi-Depan-Logo-LANGGENG
Ilustrasi-Depan-Logo-Rucika