PIPA-HDPE.ID
POST

Mengenal Aksesoris Mechanical Pipa HDPE

Ilustrasi-Mengenal-Aksesoris-Mechanical-Pipa-HDPE

Aksesoris Mechanical Pipa HDPE adalah salah satu jenis fitting PE-100 yang digunakan untuk mewujudkan jalur saluran air bersih sesuai harapan. Mekanisme penyambungan sederhana tanpa alat pemanas, adalah kelebihan penyambungan dengan jenis fitting ini.

Secara umum, proses penyambungan pipa HDPE untuk kebutuhan saluran air bersih bertekanan dapat dilakukan dengan 3 metode. Yakni secara pemanasan menggunakan welding machine, Electro fusion, dan yang terakhir adalah secara mechanical.

Kali ini kita akan membahas Teknik penyambungan secara mechanical atau manual. Seperti namanya, cara ini dapat dilakukan secara mekanik, tanpa menggunakan alat khusus dan media pemanas seperti halnya penyambungan pipa thermoplastic pada umumnya.

Mekanisme ini dilakukan dengan Teknik penguncian, sehingga dapat mempertahankan posisi pipa dalam waktu lama. Mekanisme ini dilakukan secara kuncian mekanis, menggunakan cara ulir pada bagian colar yang ada pada aksesoris.

Sementara untuk memastikan saluran tetap terjaga volumenya, bagian fitting juga dilengkapi dengan gelang karet khusus yang dapat digunakan untuk mencegah kebocoran. Serangkaian cara ini biasa dikenal dengan istilah aksesoris Mechanical Pipa HDPE.

Kelebihan Aksesoris Mechanical Pipa HDPE

  • Ideal untuk daerah sulit : Misalnya pegunungan atau dataran tinggi dengan kontur tidak rata, sangat ideal menggunakan mekanisme penyambungan ini. Karena meminimalisir penggunaan alat bantu, seperti Geset dan sebagainya.
  • Mempersingkat proses penyambungan : Idealnya, proses penyambungan dengan cara ini dapat dilakukan dengan waktu singkat, bahkan tak sampai 5 menit. Dikombinasi dengan jenis pipa Roll, jalur saluran air bersih kiloan meter dapat tersambung dalam waktu singkat.
  • Komplit untuk semua jalur kebutuhan : Seperti aksesoris pipa lain, Akesesoris Mechanical Pipa HDPE tersedia dalam beragam bentuk. Seperti Elbow, Tee, hingga flange joint untuk mekanisme penyambungan semi permanen.
  • Awet digunakan hingga waktu lama : Material dengan durabilitas tinggi, tahan benturan dan panas, membuat sambungan dengan cara ini memiliki usia pakai jangka Panjang. Bahkan setara dengan produk pipa HDPE pada umumnya.

Kekurangan

  • Tidak support untuk semua ukuran : Karena hanya menggunakan aksesoris Mechanical Pipa HDPE, metode ini tidak cocok untuk semua ukuran diameter pipa. Karena fitting yang hanya sebatas ukuran ½ inch hingga 4 inch.

Atau secara umum, metode ini biasa direkomendasikan untuk membangun saluran air di daerah perbukitan dan sulit. Tanpa menggunakan mesin khusus, cara penyambungan akan lebih efektif dengan varian produk pipa dalam bentuk roll saja.

  • Harus menggunakan aksesoris : Bahkan untuk sambungan lurus, Anda tetap membutuhkan aksesoris untuk metode penyambungan. Berbeda dengan Teknik welded yang bisa dilakukan proses penyambungan antar ujung pipa.
  • Harga relatif lebih mahal : Karena terbuat dari berbagai bagian, dan terbuat dari material thermoplastic jenis PP (Tahan terhadap benturan dan panas), harga yang dibandrol relatif lebih mahal. Terutama dibandingkan jenis aksesoris Injection Moulding, atau segmented HDPE.
  • Sering bocor, jika tidak dilakukan dengan benar : Mekanisme penyambungan dengan aksesoris Mechanical Pipa HDPE sangat sederhana dan mudah di pelajari. Hanya saja, orang sering salah menempatkan gelang karet, sehingga sering terjadi masalah kebocoran.

Ilustrasi-Depan-Logo-LANGGENG
Ilustrasi-Depan-Logo-Rucika