PIPA-HDPE.ID
POST

Memilih Pipa Ideal Sumur Pompa

Ilustrasi-Memilih-Pipa-Ideal-Sumur-Pompa

Memilih Pipa Ideal Sumur Pompa bisa dilakukan dengan mudah, yakni dengan cara mengenali kebutuhan saluran air bersih yang dibutuhkan. Aspek apa yang perlu di perhatikan, dan jenis produk mana yang cocok untuk kebutuhan ini ?

Air bersih merupakan kebutuhan fundamental, yang pemenuhannya dapat dilakukan dengan cara membangun sumur pompa. Seperti namanya, fasilitas ini dibangun dengan menggali sumber air bersih di dalam tanah, untuk selanjutnya digunakan dengan proses pipanisasi dengan bantuan pompa air.

Kebutuhan ini biasa diwujudkan sebagai sumber air bersih bersekala kecil, seperti rumah tangga, hingga fasilitas umum dan sebagainya. Karena melibatkan instalasi jaringan plumbing, berikut tips memilih pipa ideal sumur pompa sesuai kebutuhan dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Baca Juga : Membuat Saluran Pipa Air Plastik Panjang Umur – Pipa Plastik

Pilih Sesuai  Food Grade

Meski umumnya hal ini sering terlewat, namun untuk urusan kesehatan dan pemakaian jangka panjang, standard Food Grad perlu diperhatikan. Seperti halnya memilih peralatan makan dan sebagainya, bahan yang sesuai standard akan memberi Anda risiko kecil ancaman penyakit dan sebagainya.

Beberapa produk perpipaan umumnya telah diptoduksi sesuai dengan standard Food Grade. Terlebih untuk beberapa jenis produk yang telah terdaftar miliki brand resmi dan di tawarkan bebas di pasar.

Ada beberapa hal yang membuat produk pipa air berstandard Food Grade. Beberapa diantaranya bahan yang kokoh dan tidak mudah rusak, sehingga tidak berpotensi mencemari aliran air yang akan digunakan.

Pada pipa air bersih, masalah paling sering terjadi adalah korosi dan pelapukkan material bahan baku pipa. Selain mencemari saluran air, kondisi ini akan membuat instalasi saluran pipa air tidak berumur lama karena rusak.

Baca Juga : Pipa HDPE Adalah

Memilih Pipa Ideal Sumur Sesuai Tekanan

Menyesuaikan dengan tekanan, adalah tips Memilih pipa sumur pompa ketiga. Pada dasarnya saluran air bersih bekerja dengan dorongan pompa air. Oleh karena itu dibutuhkan prouk pipa dengan spesifikasi tahan terhadap tekanan.

Spesifikasi tekanan pada saluran air bersih biasanya tergantung pada kedalaman sumber air, dan titik keran yang dipasang. Semakin tinggi maka dibutuhkan pipa dengan tekanan lebih besar untuk menghantarkan air dengan volume konstan.

Sementara secara umum, produk pipa air dibedakan menjadi dua macam. Pipa dengan tekanan rendah, dan pipa dengan tekanan tinggi. Pipa dengan tekanan rendah biasanya ideal untuk saluran air kotor, limbah dan air hujan buangan.

Sementara produk dengan spesifikasi tekanan tinggi, ideal untuk saluran air bersih. Atau dalam hal ini idealnya produk yang digunakan dengan tekanan lebih dari 10 bar / kg/cm2. Jenis produk ini pada pipa PVC biasa dikenal dengan class AW, sementara standard SNI, spesifikasi ini dikenal dengan istilah PN-10.

Baca Juga : Harga Pipa HDPE Roll

Minim Sambungan Lebih Baik

Meminimalisir banyaknya sambungan adalah tips memilih pipa Sumur pompa kedua, karena jika tidak risiko kebocoran akan semakin besar. Bagian sambungan umumnya memiliki karakter lebih rentan, terlebih jika proses penyambungan dilakukan secara tidak baik.

Selain memastikan proses sambungan berjalan sempurna, Anda juga bisa memilih beberapa produk pipa roll. Jenis pipa ini umumnya memiliki panjang efektif 100 meter per Koil, dan hal ini akan mempermudah instalasi, terutama dengan kedalaman sumur lebih dari 10 meter.

Pemilihan produk yang tepat, dengan proses penyambungan yang baik akan membuat distribusi air bersih bebas masalah. Terutama jika digunakan dalam jangka waktu lama, air yang mengalir tetap lancar, tanpa Anda harus susah-susah memanggil tukang ledeng.

Ilustrasi-Depan-Logo-LANGGENG
Ilustrasi-Depan-Logo-Rucika